Apa itu Google Docs?
Google Docs sendiri merupakan salah satu fitur dari layanan Google Suite untuk digunakan sebagai program pengelolahan kata, gambar, dokumen tabel, lembar sebar yang disimpan di cloud computing.

Lalu apa kegunaan dari Google Docs itu sendiri?
1. Layanan pembuatan dokumen yang realtime dengan kemampuan kolaborasi lebih dari 10 user yang memudahkan anda membuat dokumen lebih cepat
2. Setiap perubahan data disimpan otomatiks
3. Data yang disimpan aman di cloud computing
4. Riwayat versi dokumen unlimited : Dengan ini anda dapat mengubah data-data tanpa harus menyimpan terlebih dahulu setiap versi dokumennya kedalam laptop, maupun flashdisk, dengan Google Docs setiap riwayat pencatatan dokumen tersimpan dengan baik.

Namun jangan salah loh, selain itu Google Docs punya banyak sekali fitur-fitur menarik yang mudah digunakan dan sangat berguna sekali untuk meningkatkan efektifitas kerja anda.

Berikut Tools-tools Google Docs yang berguna dan dapat digunakan dalam pembuatan dokumen :
1.  Speeling & Grammar

Bagi anda menterjemah merupakan hal yang sangat rumit, apalagi jika minim pengetahuan tentang bahasa luar negeri (English) dikarenakan perlu pengecekan pada kamus ataupun berkonsultasi dengan teman yang mengerti bahasa tersebut, namun dengan fitur speeling & grammar anda bisa langsung memperbaiki tata kata atau kosakata bahasa pada dokumen yang sebelumnya sudah anda buat. Dengan ini anda dapat menyajikan dokumen ke klien anda ataupun kolega anda dengan percaya diri.

2. Word Count

Fitur word count pada Google Docs berguna untuk mengetahui berapa halaman, kata-kata dan karakter yang telah kita ketik dalam pembuatan dokumen.

3. Dictionary

Dictionary, sesuai dengan nama fiturnya, dictionary merupakan kamus online yang bisa digunakan untuk menterjemahkan kataatau mencari informasi definisi, sinomin kata.

4. Translate Document

Translate document juga bisa menjadi andalan disaat kita butuh untuk menterjemahkan dokumen ke dalam suatu bahasa dengan mudah dan cepat.
adapun langkah-langkahnya untuk menterjemahkan dokumen pada Google Docs anda dengan cepat dan mudah.
1. Buka File anda pada Google Docs
2. Pilih Tools
3. Klik translate Document untuk menterjemahkan dokumen anda.
4. Kemudian pilih bahasa yang akan di translate atau diterjemahkan
5. Lalu engine Google akan membuat dokumen baru yang telah dibuatkan terjemahannya.

5. Voice Typing

Google Voice Typing, fitur ini merupakan fitur yang dapat memanjakan anda dalam menulis sebuah dokumen, dengan sentuhan voice command, anda tidak perlu capek lagi untuk mengetik sebuah dokumen pada Google Docs, anda cukup mengucapkan kata saja, maka akan secara otomatis tulisan anda dibuatkan.

Sumber Source & Pictures : https://gsuite.google.com/