Peran teknologi sangat berpengaruh untuk meningkatkan pemasaran dan bisnis seperti mengembangkan bisnis online, mencari pelanggan baru dan memasang iklan di media sosial atau mesin penelusuran.

Berikut kami ulas beberapa tips untuk meningkatkan digital marketing dengan Google Workspace.

1. Memperkenalkan diri anda di Email
Dalam bidang pemasaran digital, membangun reputasi yang baik sangat diperlukan untuk membangun basis pelanggan. Misalnya, agar orang lain mengetahui diri Anda dan memercayai konten yang Anda kirim, sertakan nama dan alamat email Anda di kolom Formulir di Gmail. Gunakan baris subjek kurang dari 10 kata untuk meringkas esensi email dan berfokus pada hal-hal yang paling berguna dan relevan. Yang lebih menarik, Anda dapat memilih gambar, seperti logo organisasi atau foto Anda, sebagai foto Gmail.

2. Menjalankan kampanye email promosi dengan lebih efisien
Saat menyelenggarakan kampanye, Anda mungkin akan mengulangi informasi promosi yang sama. Anda dapat bekerja lebih cepat dengan menyimpan balasan menggunakan template pesan di Gmail. Saat Anda ingin menyertakan informasi tersebut di lain waktu, cukup pilih template pesan yang disimpan sehingga Anda tidak harus mengetiknya lagi.

3. Menyelenggarakan kampanye unggulan
Penyiapan kampanye bisa memakan waktu dan sulit dikoordinasikan. Pada tahap perencanaan, terus berikan informasi kepada anggota tim pemasaran tentang detail dan jadwal dengan membuat kalender tim. Saat kampanye siap, publikasikan menggunakan Kalender. Anda bahkan dapat menyertakan fasilitas promosi seperti, brosur yang disimpan di Drive atau drive bersama. Kemudian, buat situs eksternal untuk kampanye Anda disertai detail, media promosi, dan lainnya menggunakan Sites. Pelanggan dapat memperoleh semua informasi yang diperlukan di satu tempat dari perangkat apa pun.

4. Muncul di hasil penelusuran dan mendapatkan perhatian secara lokal
Pertama, buat destinasi online untuk organisasi dengan membuat situs di Sites lengkap dengan postingan blog, detail produk, dan promosi lainnya. Jaga agar situs tetap relevan dan diperbarui secara rutin untuk membantu meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO). Kemudian, beri situs Anda identitas dan hadirkan secara publik di Penelusuran dengan mencantumkannya secara gratis menggunakan Google Bisnisku. Sertakan nomor telepon untuk mendorong panggilan pelanggan, dan tambahkan lokasi Anda untuk membantu mereka menemukan Anda.

5. Menjangkau pemirsa baru dengan iklan yang efektif
Buat iklan situs menonjol dengan memberi penawaran spesial, promosi, atau penjualan kilat. Tarik pelanggan dengan banner dan tombol pesan ajakan (CTA) yang kuat, seperti Beli atau Pesan Tempat. Iklan video adalah cara yang tepat untuk menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan baru serta mempromosikan produk atau organisasi Anda. Saat membuat iklan, coba buat dengan durasi kurang dari 30 detik dan tampilkan merek Anda saat momen pembukaan agar orang tidak melewatkannya. Bagikan rekaman video di Sites, atau channel YouTube resmi organisasi Anda. Selain itu, perlu diingat bahwa di beberapa situs media sosial, iklan video akan diputar tanpa suara selama beberapa detik pertama, jadi cari cara untuk berinteraksi dengan penonton selama waktu penting tersebut.

6. Membuat situs anda Mobile Friendly
Situs seluler yang canggih dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli, jadi buat situs yang mobile-friendly menggunakan Sites. Pertama, kembangkan situs agar berfungsi dengan lancar di perangkat seluler. Halaman akan disesuaikan secara otomatis dengan ukuran layar apa pun yang digunakan pelanggan. Coba juga situs di perangkat seluler. Bagaimana tampilannya? Apakah navigasinya mudah? Apakah nomor telepon disiapkan agar pengunjung dapat menghubungi Anda dengan satu ketukan? Kemudian, setelah siap menjalankan iklan seluler, gunakan layanan iklan seperti Google Ads. Pertimbangkan frase yang kemungkinan ditelusuri pelanggan potensial. Di seluler, orang cenderung menggunakan istilah yang lebih sedikit dan lebih pendek, jadi buat kata kunci yang singkat dan relevan.

7. Menampilkan produk baru
Ingin berbagi produk baru dengan pelanggan? Buat presentasi Slide yang canggih dengan cepat yang mendeskripsikan fitur dan manfaat produk, tempat penjualan yang unik, dan lainnya. Buat presentasi Anda lebih dinamis dengan menambahkan gambar dan video. Kemudian, tingkatkan kesadaran dengan menyematkan presentasi di situs organisasi menggunakan Sites.

8. Mengumpulkan masukan produk dari pelanggan
Jika produk baru Anda masih dalam tahap awal pengembangan, buat survei di Formulir dan sematkan di Sites untuk mendapatkan masukan pelanggan. Jika Anda sudah memperoleh respons yang cukup, manajer pemasaran produk dapat mengurutkan, mengatur, dan menganalisis hasilnya di Spreadsheet serta merencanakan cara terbaik untuk memajukan produk.

9. Membuat dan membagikan aset materi iklan yang berkualitas dengan agen pemasaran
Mengerjakan aset materi iklan dengan agen pemasaran? Perlu memastikan bahwa semua orang memiliki desain, video, PDF terbaru, dan lainnya? Simpan file dan folder kerja di Drive atau drive bersama dan bagikan secara langsung dengan agen Anda. Saat ada yang memberikan masukan dan persetujuan, Anda dapat dengan mudah melihat file yang telah diubah dan semua orang di semua zona waktu memiliki pemahaman yang sama.

Source : https://support.google.com