Memiliki bisnis retail sendiri merupakan impian bagi banyak orang. Meskipun mungkin terdengar mudah, membangun bisnis retail membutuhkan strategi dan usaha yang lumayan rumit loh. Anda tidak hanya harus memiliki biaya tetapi juga pengetahuan yang baik mengenai bagaimana bisnis retail bekerja. Selain itu peran teknologi juga dapat menentukan kemajuan bisnis retailmu

Untuk memudahkan Anda menyusun perencanaan dalam memulai bisnis retail Anda, simak sepuluh tips email kolaborasi dengan Google Workspace

 

Membuat dan mengelola aset produk serta merek digital secara aman bersama partner " "

Jumlah konten digital yang dibuat dan dikelola oleh retailer terus tumbuh secara eksponensial. Publikasikan lookbook untuk lini produk terbaru. Kelola aset multimedia seperti gambar, logo, dan video di setiap saluran retail dan dengan agensi Anda. Buat dan distribusikan katalog. Drive disinkronkan ke cloud agar setiap orang dapat mengakses konten terbaru kapan saja. Fitur berbagi dan kontrol akses di Drive membuat proses bekerja bersama agensi iklan dan vendor eksternal jadi mudah dan aman.

Kisah pelanggan

Astley Clark

Pelajari caranya

kolom abu-abu

2

Melatih karyawan toko kapan saja, di mana saja " "

Ingin melatih karyawan toko di banyak lokasi, shift kerja, dan produk? Membuat portal pelatihan layanan mandiri adalah mudah. Cukup simpan semua video peluncuran produk Anda, kampanye pemasaran, promosi, kebijakan pengembalian toko, dan prosedur keamanan di Drive atau drive bersama, lalu sematkan file yang disimpan ini di Sites. Jika Anda membutuhkan pelatihan secara live, selenggarakan kelas virtual di seluruh dunia dengan Google Meet untuk menghemat waktu dan biaya perjalanan. Anda bahkan dapat merekam pelatihan untuk digunakan di lain waktu.

Kisah pelanggan

Commune Hotels

Pelajari caranya

kolom abu-abu

3

Meningkatkan berbagi informasi antara perusahaan dan karyawan toko menggunakan jaringan sosial " "

Gunakan komunitas sosial Currents dalam organisasi untuk membantu karyawan belajar satu sama lain, berbagi ide untuk meningkatkan penjualan langsung di toko, membuat praktik terbaik, memberikan masukan tentang produk baru, dan menciptakan rasa kebersamaan.

Kisah pelanggan

Premier Foods

Pelajari caranya

Currents

kolom abu-abu

4

Memberdayakan asosiasi toko agar layanan pelanggan menjadi lebih baik " "

Berikan fitur yang dibutuhkan oleh asosiasi toko agar dapat memberikan layanan pelanggan terbaik dari dalam toko. Untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau memberikan rekomendasi, asosiasi toko dapat menggunakan ponsel atau tablet mereka untuk mengakses spesifikasi produk, promosi, video, dan FAQ yang disimpan di Drive. Jika asosiasi toko membutuhkan opini dari pakar lain, mereka dapat menghubungi rekannya dengan memposting pertanyaan di Currents.

Kisah pelanggan

Design Within Reach

Pelajari caranya

kolom abu-abu

5

Mengelola proses operasi toko secara online " "

Sederhanakan proses bisnis Anda dengan menjadikan semua operasional dan proses bersifat online. Dengan Formulir, Anda dapat membuat formulir elektronik untuk penarikan kembali produk, permintaan cuti, pesanan suplai, pemberitahuan kebijakan perusahaan, dan lainnya—dalam hitungan menit. Formulir ini dapat diperbarui dengan mudah dan dapat diakses dari kios, komputer, atau perangkat seluler.

Kisah pelanggan

Celio

Pelajari caranya

Formulir

kolom abu-abu

6

Mengelola tugas dan jadwal untuk semua toko dan karyawan secara online " "

Memantau tugas dan jadwal di beberapa toko dan ratusan karyawan dapat menghabiskan waktu. Gunakan Spreadsheet dan Kalender bersamaan untuk membuat jadwal yang dinamis—merencanakan dan mendistribusikan tugas, melacak penyelesaian mereka, mengelola pengecualian, dan lainnya—semuanya di satu tempat. Karyawan toko dapat mengakses jadwal ini dari jauh melalui perangkat seluler atau browser web apa pun. Butuh masukan atau pembaruan pada tugas? Karyawan dapat langsung menambahkan komentar dan mengubah statusnya di Spreadsheet.

Kisah pelanggan

Specsavers

Pelajari caranya

kolom abu-abu

7

Memusatkan aset penting sehingga karyawan dapat menemukan semua pembaruan dan dokumen penting di satu tempat " "

Simpan semua berita internal, postingan blog eksekutif, jadwal project, dokumen project, promosi lokal dan seluruh toko, formulir online, konten pelatihan, dan lainnya di satu situs Sites. Sekarang organisasi Anda memiliki tujuan terpadu untuk semua informasi penting, yang dapat diakses oleh karyawan (atau hanya grup tertentu) kapan saja.

Kisah pelanggan

Travis Perkins

Pelajari caranya

Sites

kolom abu-abu

8

Merekrut, mewawancarai, dan menjalankan program orientasi dengan cepat bagi karyawan toko " "

Saat retailer mengalami pergantian karyawan yang tinggi, mempersingkat proses perekrutan dan orientasi akan meningkatkan laba. Setelah kandidat yang tertarik mengirimkan informasi mereka melalui Formulir, Anda dapat melakukan wawancara dengan kandidat teratas dari mana saja di seluruh dunia dengan Google Meet. Lalu, sederhanakan proses orientasi dengan situs Sites yang berisi checklist dan tugas orientasi karyawan baru.

Pelajari caranya

kolom abu-abu

9

Memperkenalkan produk ke pasar lebih cepat dengan kolaborasi dan pengelolaan tugas yang ditingkatkan" "

Kolaborasikan dan bagikan desain produk, replika, pedoman kualitas, dan Indikator Performa Utama (KPI) di ruang kerja yang aman menggunakan Drive atau drive bersama. Kelola aktivitas dengan daftar tugas bersama di Spreadsheet atau Kalender tim bersama. Lakukan crowdsource masukan tentang desain dan bahan produk dari karyawan di Currents. Selenggarakan rapat video secara live dengan pemasok di Google Meet guna meningkatkan komunikasi dan mengurangi waktu siklus.

Kisah pelanggan

OVS

Pelajari caranya

kolom abu-abu

10

Mengelola dan memantau project konstruksi toko" "

Toko akan terus mengubah jejak fisiknya; saat Anda membuka toko baru atau membangun kembali, mengoordinasikan setiap tugas dengan berbagai departemen internal dan kontraktor luar adalah sebuah tantangan. Kolaborasikan penetapan tugas dan jadwal di Spreadsheet dan Kalender bersama. Lokasi yang berbeda antar-tim tidak menjadi masalah—cukup selenggarakan rapat virtual kapan pun, di mana pun dengan Google Meet.

Kisah pelanggan

Tory Burch

Pelajari caranya