Di zaman yang serba konektivitas, konsumen berharap untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan, ketika meraka menginginkannya, terutama ketika mereka sedang dalam perjalanan. Kita tahu ini berlaku pada kebiasaan mereka berselancar pada situs dengan menggunakan perangkat mobile, jadi kita melihat lebih dalam pada harapan dan reaksi pengguna terhadap pengalaman nge-net mereka pada perangkat mobile. Yang paling menarik, 61% orang mengatakan bahwa mereka akan langsung pindah ke situs lain jika mereka tidak menemukan apa yang sedang mereka cari pada situs mobile.  Intinya, tanpa situs yang mobile friendly, Anda akan menuntun pengguna kepada pesaing Anda. Bahkan 67% dari pengguna lebih cenderung untuk membeli dari situs yang mobile friendly, jadi jika situs tersebut bukanlah milik Anda, bersiaplah kehilangan banyak hal.

Slide10 copy
Mari kita ulas penemuan  ”What Users Want Most From Mobile Sites Today”, sebuah studi dari Google (yang dilakukan Sterling Research dan SmithGeiger, perusahaan market-research independen). Laporan ini menyurvei 1.088 warga dewasa US pengguna internet smartphone pada Juli 2012.

 

Masalah (dan kesempatan) besar

Dari hampir 75% pengguna lebih memilih situs yang mobile friendly, 96% konsumen mengatakan bahwa situs yang mereka temui jelas-jelas tidak dirancang untuk perangkat mobile. Ini merupakan masalah besar dan juga sekaligus peluang besar bagi perusahaan yang ingin terlibat dengan pengguna perangkat mobile.

 

Situs mobile friendly mengubah pengguna menjadi pelanggan

Jalan tercepat untuk pelanggan mobile adalah melalui situs mobile friendly. Jika situs Anda menawarkan layanan mobile yang baik, pengguna lebih memungkinksan untuk melakukan pembelian.

  • Ketika mereka mengunjungi situs yang mobile friendly, 74% orang mengatakan mereka lebih cenderung untuk kembali ke situs tersebut di waktu yang akan datang.
  • 67% dari pengguna perangkat mobile mengatakan bahwa ketika mereka mengunjungi situs yang mobile friendly, mereka lebih cenderung untuk membeli produk atau layanan situs.

 

Dengan tidak memiliki situs yang mobile friendly, maka Anda membantu pesaing Anda.

Situs dengan layanan mobile yang baik menjadi semakin penting,  dan pengguna akan tetap mencari situs yang mobile friendly sampai mereka menemukan satu situs yang cocok bagi mereka. Itu berarti pesaing Anda akan mendapatkan keuntungan jika situs Anda gagal dalam performanya (begitu juga sebaliknya).

  • 61% dari pengguna mengatakan bahwa jika mereka tidak menemukan apa yang sedang mereka cari dari sebuah situs mobile, mereka akan segera pindah ke situs lain.
  • 79% dari orang-orang yang tidak menyukai apa yang mereka temukan pada sebuah situs akan segera berpaling dan mencari situs lain.
  • 50% orang mengatakan walaupun mereka menyukai bisnis yang ditawarkan, mereka cenderung lebih jarang menggunakan situs tersebut apabila tidak mobile friendly.

 

Situs Nonmobile friendly dapat menjatuhkan reputasi perusahaan

Ternyata Anda bisa kehilangan lebih dari sekedar penjualan dengan layanan mobile yang buruk. Sebuah situs yang tidak dirancang untuk perangkat mobile dapat mengakibatkan pengguna menjadi benar-benar frustasi dan reaksi negatif ini akan langsung dilampiaskan pada merek yang ditawarkan.

  • 48% dari pengguna mengatakan mereka merasa frustasi dan kesal ketika mereka sampai ke sebuah situs yang tidak mobile friendly.
  • 36% mengatakan mereka merasa seperti telah membuang-buang waktu mereka dengan mengunjungi situs tersebut.
  • 52% dari pengguna mengatakan bahwa layanan mobile yang buruk menjadikan mereka lebih jarang untuk terlibat dengan sebuah perusahaan.
  • 48% mengatakan bahwa jika sebuah situs tidak bekerja dengan baik pada smartphone mereka, itu membuat mereka merasa bahwa perusahaan tersebut tidak peduli dengan bisnis mereka.

 

Kesimpulan

Penelitian sudah menegaskan apa yang telah kita duga, bahwa pengguna perangkat mobile aktif mencari dan memilih untuk lebih terlibat dengan situs yang mobile friendly, hal tersebut merupakan peringatan serius betapa cepat dan seriusnya sikap pengguna tentang sebuah perusahaan dapat dibentuk oleh layanan situs mobile. Memiliki situs mobile yang baik tidak lagi hanya membuat penjualan meningkat. Hal ini menjadi komponen penting untuk membangun merek yang superior, memelihara hubungan langgeng dengan para pelanggan, dan membuat mobile berperan bagi Anda.